tugas perakitan pc


NAMA: YULIANA SANDI WALOYO
KELAS: X TKJ
 GURU: P. TRIS
                                          TUGAS PERAKITAN KOMPUTER
                SOAL DAN JAWABAN PERAKITAN KOMPUTER
1. Gambar dan  jelaskan alur kerja dari system kerja komputer!

 

    A.   Input device adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data sistem komputer.
    contohnya: motheboard, mouse, joistick.
      B. Processor adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputre itu sendiri.
        Processor dibagi menjadi 2 bagian:
- Control unit(CU) merupakan komponen utama  processor yang mengontrol semua perangkat semua perangkat  yang terpasang pada komputer.
- Aritmatic logic unit(ALU) merupakan Bgian dari processor  yang khusus mengolah data aritmatik(menambahkan, mengutangkan, membagikan,mengkalikan, dll.) serta data logika (perbandingan,prosentase ).
C. Memory adalah media penyimpanan data pada komputer.
 memory dibagi menjadi 2:
-ROM merupakan memory yang hanya bisa dibaca saja tidak dapat dirubah dan dihapus.
Conthnya: PROM, EPROM, EEPROM.
-RAM merupakan memory yang menyimpan program disementara waktu dalam power on, namun jika komputer dimatikan maka seluruh data didalam RAM akan hilang.
D. Output Device adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menghasilkan keluaran , apakah itu hardcopy, kelayar monitor (shoftcopy) atau kekeluaran berupa suara.                                    2. Jelaskan  apa yang yang dimaksud dengan port I/O, sebutkan 5 contoh beserta fungsinya masing-masing!
        Port I/O adalah Gerbang konektor I/O pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat diluar komputerdengan sistem komputer.
    contohnya: potr VGA, port PS TWO. 
3. Jelaskan fungsi dari hardware berikut:
    a. motherboard
    b. power supply unit
    c. cashing
a.       Motherboard adalah papan utama yang menghubungkan semua perangkat komputer dan membuat bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
b.       Power supply unit adalah untuk menyuplai tegangan langsung ke komponene dalam cashing yang membutuhkan tegangan.
c.       Cashimg adalah  melindungi untuk mengatur pemberian tenaga berupa listrik pada komponen yang ada pada komponen.          
4. Form faktor komponen computer trediri dari bentuk , design, ukuran dan layout. Apa yang di maksud dengan from faktor dan jelaskan masing-masing yang ada didalam nya tersebut!
     From factor adalah istilah yang menggambarkan bentuk , ukuran, design dan layout    perangkat keraskomputer. From foktor tersebut banyak digunakan pada motheboard, chashing, dan power supply unit.
5. Dalam  sebuah motheboard terdapat chipset southbrige dan nouthbrige, jelaskan masing-masing fungsinya!
 - Fungsi Nouthbrige adalah menjembatani arus data disekiyar main memory, processor, front side busdan AGP bus juga mengatur kerja power management.
- Fungsi Southbrige adalah mengatur kerja peripheral-pheriperal semacam IDE Controler, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard, dan mouse, USB, Eth, LAN, Modem san fungsi I/O laonnya.
6. Sebutkan nama -nama dari komponen noimor 1,2, 4 yang terdapat dalam motheboard berikut ini!

 
 
1. chipset Nouthbrig
2.  Soket PGA processor
4. Slot Expransi PCI.

7. Jelaskan fungsi dari komponen nomor 3 dan 5 dalam gambar motheboard diatas!
    3. Slot IDE: digunakan untuk tempat menancapkan kabelIDE dari Disk drive atau Optical Drive.
    5. Southbrige mengatur untuk kerja periperal. Seperti IDE Controler, PCI, RAM Bios, keyboard,mouse, USB, Eth, LAN,dll.

8. Sebutkan bagian-bagian processor sesuia dengan urutan nomor pada gambar ini!

   keterangan:
1.       Substrat.
2.       core
3.       capacitore.
4.       TIM(Thermal Interface Material).
5.       HIS (Integretet Heat speader).
9. Dalam komputer ada istilah compatible. Apa yang dimaksud dengan istilah tersebut dan apa pengarugnya terhadap menentukan komponen?
    Compalible adalah istilah kesesuaian sebuah komponen computer yang meliputi hardware maupun software dengan komponen komputer lainnya.
10.  Jelaskan perbedaan antara ROM dan RAM!
       Read Only Memory(ROM)  yaitu memory yang hanya bisa diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Pemerintahan yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM . Perintah yang ada di ROM antara lain dalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatyan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekatong ini ROM tyelah mengalani perkembangan dan banyak macamnya.
           - Random Acces Memory(RAM), adalah memory yang dapat diakses secara random, berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu(power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAm adalah mempercepat pemproses data pada komputer media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
11. Berikan penjelasan , mengapa konfigurasi/seting jamdan tanggal komputer dapat sesuai dengan jam dan tanggal sebenarnya meskipun komputer tidak dihidupkan ?
 Konfigurasi BIOS tidak disimpan dalam ROM,  (hal ini disebabkan oleh sifat ROM yang statis) melainkan sebuah chip terpusah yang disebut sebagai Real-time clock(RTC) , yang sebuah Non-Volatile Random Access MEmory(NVRAM). NVRAMdisebut dengan Complimentary Metal-Oxide Random Access MEmory(CMOS RAM), karena menggunakan metode pembuatan CMOS. Karena menggunakan metode pembuatan metode pembuatan CMOS RAM, NVRAM menbutuhkan daya yang sangat kecil agar dapat bekerja. Meskipun disebut Non-volatile,NVRAM merupakan sebuah chip yang volatile, sehingga data yang tersimpan di dalam nya dapat terhapus dengan mudah jika daya listrik yang menghidupinya terputus. Oleh karena itu, NVRAM "dihidupi" oleh sebuah baterai(mirip baterai kalkulator atau jam) dengan bahan Litium dengan seri CR-2032. sebuah baterai Litium CR-2023 dapat menghidupi NVRAM selama 3 hingga 5 tahun . Jika daya dalam baterai habis, atau daya yang disuplaynya terputus( akibat dicabut dari slotnya), maka semua konfigurasi akan dikembalikan kekondisi standar, sesuai ketika BIOS tersebut diprogram oleh pabrikan. BIOS umumnya memberikan laporan CMOS Checksum Error atau NVRAM Checksum Error.
12. Apa yang kalian ketahui tengtang card pada komputer?
Card pada computer adalah komponen komputer yang memiliki perluasan fungsi tmbahan terhadap motheboard yang tersusun atas fungsinya masing-masing. Contohnya LAN Card, Sound Card, VGA Card.
13. Apa perbedaan dari hardcopy device dengan softcopy device, berikan contoh masing-masing!
Hardcopy device: keluaran yang bersifat fisik contohnya hasil cetak printer, hasil ceyak plotter, dll
Softcopy device: keluaran yang bersifat data digital/signal elektronik. contohnya tampilan pada monitor, suara speaker,dll.
14. Pada bagian processor terhadap IHS(Intergrated Heat Speader), apakah fungsi IHS tersebut!
IHS: fungsinya adalah mendinginkan chip sekaligus menghindarkan chip silikon dari panas yang ditimpulkan nya sendiri.
15. Apa yang kalian ketahui tentang FSB?
Front side bus(FSB) disebut juga sebagai system bus adalah jalur(bus) yang secara fisik menghubungkan processor dengan chipset nothbrige pada motheboard. jalur ini sebagai tempat lintasan data/informasi yang diwujudkan dalam bentuk signal-signal elektronis. jalur ini merupakan jalur dua arah , artinya aliran data/informasi bisa berjalan dari processor menuju motheboard atau sebaliknya . FSB juga menghubungkan processer dengan memory utama. Kesimpulanya adalah FSB merupakan jalur penghubung antara procesor dengan memory utama, juga menghubungkan antara processor dengan chipset(nothbrige) pada motheboard.
Previous
Next Post »