Tugas Backup dan Recovery Database

Developer: Yuliana Sandi Waloyo.
Kelas: XI TKJ/ TKJ 6
Advisor: P. Umam Almuqtashid, S.pd
Mapel: System Operasi Lanjutan.

1.      Apa yang dimaksud dengan proses backup dan restore dalam database ?
2.      MySQL menyediakan beberapa jenis format tabel yang penggunaannya tergantung dari tujuan pembuatan tabel tersebut. Sebutkan jenis-jenis format tabel tersebut !
3.      Sebutkan proses backup dan restore yang anda ketahui dalam database MySQL !
4.      Dengan menggunakan MySQL Console, buatlah sebuah database dengan nama latihan, kemudian dalam database tersebut buat sebuah table dengan struktur sebagai berikut :
Nama Kolom
Type Data
no_buku
char(5)
Judul_buku
varchar(100)
Penulis
varchar(50)
penerbit
varchar(50)
thn_terbit
char(4)
5.      Setelah proses pembuatan table selesai, isi table tersebut!
6.      Untuk memastikan bahwa proses pemasukan data (insert) berhasil, lakukan proses untuk menampilkan data dari table buku tersebut !
7.      Kemudian lakukan proses backup terhadap table buku tersebut !
8.      Lakukan proses restore file hasil backup diatas ke table buku !
9.      Lakukan proses backup terhadap database latihan tersebut dengan menggunakan tool mysqldump!
10.  Melakukan proses backup dengan tool mysqldump memiliki beberapa kelebihan, sebutkan!
1. Data dan database merupakan komponen terpenting dalam suatu sistem informasi manajemen, disamping tentu saja aplikasi untuk sistem informasi harus tersedia, keduanya saling tergantung. Suatu aplikasi sistem informasi manajemen tidak ada gunanya jika tidak mempunyai data yang lengkap, demikian juga sebaliknya jika punya data tetapi tidak mempunyai aplikasi yang digunakan untuk mengelolanya sehingga tidak dapat dihasilkan suatu laporan, statistik atau pun informasi.

Backup Data
Backup data merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh pengelola database untuk melakukan penyalinan sistem, data dan aplikasi. Backup data harus dilakukan untuk menjaga jangan sampai terjadi kerusakan sistem dari luar ataupun dari dalam sistem, yang disengaja atau pun tidak disengaja.

Proses backup data dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, jika dimisalkan pada sebuah perusahaan memiliki 1 database yang melayani 100 transaksi perhari bisa kita bayangkan berapa banyak data yang terkumpul dalam 1 bulan, dan jika terjadi kerusakan system maka data yang begitu banyak akan hilang atau akan menjadi pekerjaan input data baru yang membuang buang waktu, dengan adanya proses backup data kejadian tersebut bisa dihindari, misalnya secara rutin administrator database melakukan penyimpanan data setiap minggu sehingga jika pada minggu ketiga hari kedua terjadi crash system atau kerusakan system yang terjadi akibat gangguan system atau factor gangguan cuaca seperti gempa, banjir dan tanah longsor yang merusak data secara fisik. Maka data yang hilang hanya 2 hari, sehingga total data yang hilang adalah 200 transaksi, dari ilustrasi diatas kita bisa mengetahui betapa pentingnya proses backup data untuk daur hidup suatu system database.
Restore Data
Restore adalah proses mengembalikan backup ke dalam sistem. Restore dilakukan untuk mengembalikan keadaan sistem kembali pada keadaan semula, keadaan terakhir pada saat operasional, sebelum terjadi kerusakan sistem. Pada proses ini akan dilakukan pengembalian data baik struktur maupun isi dari database, secara teori proses ini adalah proses minimum pengembalian system tergantung dari waktu scheduling yang menjadi dasar proses backup, jika waktu scheduling dijadwalkan terlalu lama maka akan banyak data nya hilang.
2. Jenis format tabel tersebut adalah sebagai berikut:
            -Format  Tabel ISAM
            - Format Tabel MyISAM
            -Format Tabel HEAP
            -Format Tabel MERGE
            -Format Tabel Innodb
            -Format Tabel BerkeleyDB
3. Cara melakukan backup dan restore melalui phpmyadmin terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan bahwa anda sudah install phpmyadmin di server anda terlebih dahulu. Anda bisa membuka halaman phpmyadmin di IP/phpmyadmin atau domain/phpmyadmin, terkecuali anda sudah merubah URL phpmyadmin default ke URL lain.

Cara Backup MySQL Database dengan PhpMyAdmin

  • Login terlebih dahulu di halaman phpmyadmin anda.
  • Klik database yang ingin anda backup. Karena data wordpress saya tersimpan di database wordpress, maka saya klik database wordpress. download backup, download sql, download mysql database
  • Silahkan klik tab export dan klik go. Untuk export method dan formatnya biarkan saja default.
  • backup database phpmyadmin, export database phpmyadmin, import phpmyadmin database
  • Selanjutnya file sql database tersebut akan terdownload secara otomatis. Biarkan hingga prose download selesai dan database anda sudah berhasil terbackup di komputer lokal anda.

Cara Restore MySQL Database dengan PhpMyAdmin

  • Buat terlebih dahulu database baru. Anda dapat membuatnya dengan klik Server: localhost kemudian pilih Database dan create database.
  • Klik database baru yang akan anda gunakan untuk restore file dari database lama.
  • Jika anda sudah install wordpress di database tersebut biasanya ada tabel bawaan wordpress. Silahkan hapus terlebih dahulu semua tabel tersebut dengan cara :
    • Scroll ke bagian bawah dari tabel di database tersebut dan klik check all pada check box yang ada disebelah kiri.
    • Selanjutnya di kotak with selected, silahkan klik drop. back up file, backup data, back up data, drop database
    • Jika ada pertanyaan  Do you really want to execute the following query? Klik saja yes.
  • Langkah berikutnya klik tab import dan silahkan choose file sql yang tadi anda download ke komputer anda.
  • Terakhir silahkan klik go untuk memproses upload file sql. Tunggu hingga proses upload selesai dan proses restore selesai dilakukan.
  • Jika proses upload telah selesai,silahkan anda cek hasilnya di tab structure.

Backup dan Restore MySQL Database Melalui Terminal Console

Anda bisa menggunakan SSH Client seperti putty bagi yang ingin meremote server dari komputer windows atau aplikasi juicessh dan sejenisnya untuk android. Jika anda menggunakan linux, anda hanya tinggal buka terminal console saja. Cara backup dan restore mySQL melalui terminal console ini saya berikan point pentingnya saja, selanjutnya dapat anda kreasikan sesuai dengan kebutuhan dan situasi anda.

Cara Backup MySQL Database Melaui Terminal Console

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membackup dan restore database mysql melalui terminal console, salah satunya adalah melalui mysqldump. Untuk dapat melakukan backup mysql database dengan mysqldump, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Login ke server anda seperti biasa.
  • Masukan perintah berikut :
    mysqldump -u username -p database_yang_akan_dibackup > nama_backup.sql
    Ganti username dengan user mysql anda, database_yang_akan_dibackup dengan nama database yang akan anda backup dan nama_backup.sql dengan nama backup yang anda inginkan. Jangan lupa .sql harus disertakan diakhir nama file backup tersebut.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan password user mysql anda, silahkan anda masukkan saja. Tunggu sampai database anda sudah berhasil dibackup. Hasil backup akan tersimpan di backup mysql, backup sql, database mysql backup, membackup data mysql
  • Direktori user (root)

Cara Restore MySQL Database Melalui Terminal Console

  •  Sebelum restore, anda harus membuat database baru terlebih dahulu dengan cara :
    mysql -u username -p
    CREATE DATABASE nama_database;
    exit
    
  • Sekarang anda dapat melakukan redirect dump file tersebut ke dalam database yang baru saja anda buat melalui command :
    mysql -u username -p nama_database < nama_backup.sql
Demikianlah dasar cara backup dan restore mySQL database yang dapat saya sampaikan. Anda tentu dapat mengembangkan cara diatas dengan bantuan FTP Client filezilla atau melalui cara-cara yang lainnya. Silahkan anda kreasikan saja sendiri, kira-kira lebih nyamannya seperti apa.


4.



5. 


6. 
 

 7. 



8. 

9.

 


10. ada 3 cara yaitu :

Langsung mem-backup seluruh database beserta struktur tabelnya tanpa harus mem-backup satu persatu tabelnya.
Dapat dilakukan di luar mysql tanpa harus masuk ke mysql.
Mudah untuk melakukan restore file hasil backup.
Newest
Previous
Next Post »